Peran dan fungsi Rektorat Universitas Udayana dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia sangatlah penting. Sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia, Universitas Udayana memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan inovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di tanah air.
Menurut Prof. Dr. A.A. Raka Sudewi, selaku Rektor Universitas Udayana, “Rektorat memiliki peran strategis dalam mengarahkan visi dan misi universitas serta merumuskan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.” Hal ini sejalan dengan pendapat Prof. Dr. Anak Agung Gde Agung, mantan Rektor Universitas Udayana, yang menyatakan bahwa “Rektorat harus mampu menjadi motor penggerak bagi seluruh civitas academica universitas.”
Dalam mengemban tugasnya, Rektorat Universitas Udayana harus mampu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pendidikan tinggi di perguruan tinggi ini. Hal ini dikemukakan oleh Prof. Dr. I Made Damriyasa, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana, yang mengatakan bahwa “Rektorat harus senantiasa berkolaborasi dengan fakultas dan lembaga di bawahnya untuk memastikan tercapainya standar mutu pendidikan tinggi yang diinginkan.”
Selain itu, Rektorat juga memiliki peran penting dalam mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, guna meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Dr. I Nyoman Gde Antara, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Universitas Udayana, menegaskan bahwa “Kerjasama internasional sangatlah penting untuk mendukung pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia, dan Rektorat harus menjadi ujung tombak dalam mengelola hubungan tersebut.”
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran dan fungsi Rektorat Universitas Udayana sangatlah vital dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Melalui kepemimpinan yang visioner dan kerjasama yang solid, diharapkan Universitas Udayana mampu menjadi agen perubahan yang mampu mengangkat martabat pendidikan tinggi Indonesia ke tingkat yang lebih baik.